Kamis, 19 Februari 2015

TOURING CANDI BERBAH, 19 Feb 2015




TOURING CANDI
-          Candi Plaosan
-          Candi Banyunibo
-          Candi Barong
-          Candi Abang

Di Jogja itu banyak situs bersejarah. Karena zaman dahulu kala itu sinilah banyak kerajaan Hindhu & Budha.
Jadi di wilayah Jogja Timur, kamu akan banyak menemui Candi.
Di hari Raya Imlek kali ini. Di pilihlah touring candi. Di awali dengan breakfast gratis di Hotel Jayakarta beserta hiburan barongsai.





Indah sudah sarapan pagi ini.


CANDI PLAOSAN

Yang pertama adalah Candi Plaosan. Jadi ini sebenernya sudah bukan di Jogja lagi. Tapi sudah masuk wilayah Klaten, Jawa Tengah. Ini adalah Candi Budha, tapi tetap ada perpaduan Hindhu – Budha nya.
Rute menuju Candi Plaosan dari Yogyakarta.

  1. Ikuti Jl. Raya Yogyakarta – Solo
  2. Jalan terus sampai melewati gapura perbatasan provinsi DI Yogyakarta – Jawa Tengah.
  3. Ada pertigaan prambanan itu belok kiri / ke utara
  4. Jalan lurus sekitar 3 km
  5. Lalu ada perrempatan kecil, sobat belok kanan aja/ ke timur
  6. Lurus 100 meter, nanti Candi Palosan sudah terlihat
Biaya parkir : Rp 2000/motor
Untuk biaya masuk: donasi saja. Selain itu juga sobat harus isi buku kunjungan. Nama ? alamat ? Tujuan?
Haha kepoooo




Candi Plaosan

Candi Plaosan



Candi Plaosan nan hijau


Bertapa di Candi Plaosan

Candi ini termasuk candi yang lumayan besar dan luas. Beberapa bagian candi ada kerusakan, jadi harus di sangggah dengan bambu/kayu. Ada terpal juga.
Beruntungnya ke sini karena rumput hijau, candi sangat ciamik.

CANDI BANYUNIBO

Candi Banyunibo terletak di Dusun Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Prambanan, Yogyakarta.
Kata "banyunibo" sendiri memiliki arti "air yang jatuh atau menetes". Candi ini dibangun sekitar abad ke-9 pada masa kerajaan Mataram Kuno. Di bagian atas candi ini terdapat stupa yang merupakan ciri khas dari candi peninggalan agama Budha

Candi ini berupa candi kecil saja. Letaknya ada di dekat candi Ratu Boko. Kalau Candi Ratu Boko belok kiri, kalau ke Banyunibo lurus aja.



Candi Banyunibo





Rute menuju Candi Banyunibo:
Perjalanan dari kota Yogyakarta, ambil saja arah ke timur melalui jalan Jogja-Solo menuju Candi Prambanan. Sesampainya di pertigaan lampu merah sebelum Candi Prambanan, ambil ke kanan (arah selatan) menuju jalan Piyungan. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pertigaan kecil yang ada papan petunjuk arah ke Ratu Boko lalu belok ke kiri lurus melewati area persawahan. Sampai di perempatan yang cukup besar, terdapat papan petunjuk yang cukup besar, jika ke kiri ke Ratu Boko, ke kanan menuju Candi Ijo, dan lurus menuju Candi Banyunibo.
Candi ni berukuran kecil. Tanpa biaya masuk, namun di jaga oleh pak satpam..hehe

CANDI BARONG

Candi Barong adalah candi bercorak Hindu yang terletak di tenggara Kompleks Ratu Boko, Prambanan, Sleman, tepatnya di atas bukit di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Posisi candi berada di sisi tenggara kompleks Ratu Boko, agak di bawahnya namun masih dalam sistem perbukitan yang sama, perbukitan Batur Agung, pada ketinggian 199 m di atas permukaan laut. Di sisi barat daya, di bawah bukit, terletak Candi Banyunibo, suatu bangunan Buddhis. Pada posisi tenggara candi ini, berjarak sekitar 2 km, terletak Candi Ijo.


Candi Barong


Candi Barong

Basah kuyub di Candi Barong


Sayangnya pas kesini hujan deres.. jadi kurang puas gitu......


Aku bilang Candi Barong ini Candi yang bersih dan hitam. Candi ini I klilingi benteng candi yang tinggi, jadi kalau kita mau naik Candi ini, harus mencari pintu masuknya di mana.
Sayang nya pas ke sini huan deras turun. Jadi kurang puas berfoto.

Candi Barong ini dibangun khusus untuk menyembah Dewa Wisnu, tidak seperti umumnya candi Hindu lain yang fungsinya untuk menyembah Dewa Siwa. Karena Dewi Sri dikenal juga sebagai dewi kesuburan, para ahli turut berpendapat bahwa Candi Barong ini dibangun untuk menyuburkan daerah di sekitar candi.

Akses ke sini juga tak begitu bagus. Jalan banyak lubang besar, padahal sudah beraspal. Tapi aku bilang Candi ini candi utuh.

CANDI ABANG

Candi ini berada tidak jauh dari Candi Banyunibo dan Candi Barong, yaitu di Dusun Candiabang, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta.
Candi yang berbentuk seperti piramid ini dinamakan Candi Abang karena terbuat dari batubata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa). Bentuk candi ini berupa segi empat dengan ukuran 36 m x 34 meter, sekarang banyak ditumbuhi rerumputan sehingga dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil.
Pada waktu pertama kali ditemukan, dalam candi ini terdapat arca dan alas yoni lambang dewa Siwa berbentuk segidelapan (tidak berbentuk segi empat, seperti biasanya) dengan sisi berukuran 15 cm.


Pemandangan di Candi Abang

Candi Abang



Sumpah bingung dan  lama cari candi ini. Pakai GPS juga kagak ketemu – ketemu. Mana udah mendekati maghrib. Jalan ambigu banget deh… Rasanya mau nyerah aja..
Sempet nyasar juga. Terus tanya warga.
Dan sampai juga di candi abang ini………

WHERE WHERE??
Kagak ada candinya deh…………..
Asal muasal candi ini terletak di gundukan tanah itu….
Ya itulah daya tarik candi ini


Touring candi dari pagi sampai maghrib. itu bener awesome banget.. Kehujanan, tersesat, semua pasti ada. 
Yang penting asyikkkkkkk........


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar