Senin, 21 Desember 2015

BALI DEC 17 - 21, 2015

Desember aku mau welcome back
Aku mau share perjalanan overland JAVA BALI.

JAVA BALI, Dec 17- 21, 2015
Aku galau pengen ikut liburan ke Bali. Padahal di sisi lain aku udah izin cuti ke Malang untuk tanggal Dec 19 – 21, 2015. BALI or MALANG?? Aku memutuskan untuk milih BALI. So aku harus izin lebih lama lagi. Aku izin cuti 3 hari. Dan alamdulillah di acc.

Starting point di Magelang tanggal 17 Dec. tanggal 16 sore, pulang kerja aku sudah otw ke Magelang. Aku motoran sendiri ke sana. Dengan membawa 2 tas. Perjalanan sekiatr 45 saja. Dari rumah aku sudah mantol an. Karena memang sudah hujan deras..

17 DESEMBER IS COMING….
17 Desember semua itu di mulai..
17 Des : pukul 06.30 starting point at Muntilan.

Kita memakai micro bus. Jumlah peserta 20+1. Aku sudah mempersiapkan segala barang bawaan dengan lengkap. Bantal leher, syal, makanan, obat – obatan, pakaian, hingga kabel roll.
Ternyata micro bus ini sudah menyediakan selimut & bantal, mungkin perusahaan micro bus sudah mempersiapkannya (karena memang ini perjalanan 1 hari satu malam/ 24 jam).
Banyak kota yang kita lewati menuju Bali : Solo, Sragen, Ngwai, Nganjuk, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, dll
Sesekali kali kita turun di bom bensin untuk meluruskan kaki kita, dan beristirahat.
Untuk makan pun kita transit di restaurant terdekat.
Pukul tengah malam kita sampai di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Di sana sudah nyak bus pariwisata yang mngantri memasuki kapal. Bus kami tidak menunggu terlalu lama. Bus pun memasuki badan kapal. Kami turun dari bus dan naik ke dek kapal untuk menikmati suasana malam di atas kapal.
Dan secara otomatis jam digital kita bergeser ke WITA(Waktu Indonesia Tengah). Perjalanan berlayar ini sekitar 1 jam. Gelap. Hanya lampu  - lampu kapal yang dapat aku lihat. Indah sekali.

Pukul 02.00 kita sampai pelabuhan Gilimanuk. So kita sudah ada di BALI…..
Kita masih melanjutkan perjalanan darat lagi. Pukul 04.25 kita sampai di objek pertama kita..

TANAH LOT
Kita bersih diri di Tanah Lot. Setelah wangi, kita pun bersantap pagi bersama.
Lalu kita pergi ke Tanah Lot.
Kekhasan dari tanah lot adalah batu besar di pinggir pantai nya. Di tebing itu juga ada pura.
Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

Kita agak lama menikmati objek pertama kita di Bali ini. Suasana masih segar karena masih sangat pagi. Dan belum ramai pengunjung.

Kita berhenti sejenak untuk shopping di Joger.
Ramai dan mahal. Itu kesan ku selama di Joger. Kasir nya pun kurang ramah. Next kalau ke Bali pikir – pikir lagi untuk ke sini..hehehe

Setelah itu kita ke BEDUGUL.
Di perjalanan kita berhenti sebentar untuk menjemput guide kita. BLI PUTU.
Bedugul terletak di ketinggian. Jadi nanjak terus medannya. Hawanya juga adem. Anginnya pun kenceng..
Bedugul : arrived at 11.45
Kebetulan di depan danau bedugul ini ada masjid besar. Para laki – laki menunaikan ibadah sholat jumat. Tapi kau langsung ngacir ke danau nya.

Gak begitu istimewa sih tempatnya
DANAU BEDUGUL
Di Bedugul ada danau beratan yang terpampang indah sekitar 1.239 meter di atas permuakaan air laut. Disana anda bisa puas menikmati keindahan alam dan deretan perbukitan yang membentang luas di pinggiran danau beratan. Selain itu anda bisa menyewa sebuah kapal boat ataupun sebuah sampan untuk anda gunakan mengarungi danau beratan ini. Suasana yang tak akan terlupakan berada di tengah-tengah danau beratan dengan desiran angin dan ketenangan airnya ini.

Pukul 13.30 : turun ke bawah untuk Lunch di Taman Sari restaurant
Cukup full, banyak rombongan siswa – siswa sekolah.
Saran nya cukup banyak tempat ini. Banyak lalat & toilet pun kurang bersih.
Waktu masih cukup. Kita masih punya  waktu ke objek selanjutnya.

Pukul 15.15 : Arrived SANGEH
SANGEH
Sangeh adalah sebuah tempat pariwisata di pulau Bali yang terletak di Desa Sangeh,Kecamatan Abiansemal,Kabupaten Badung, Bali.
Sangeh terkenal karena ini merupakan sebuah desa di mana monyet-monyet (beruk) berkeliaran dengan bebas dan di keramatkan oleh penduduk setempat di sebuah hutan. Di tengah hutan ada pula sebuah pura yang bernama Pura Bukit Sari.Pura ini dibangun oleh Kerajaan Mengwi dan sekarang diserahkan ke penduduk setempat. Monyet di sini memiliki raja dan konon memiliki tiga wilayah kerajaan.

Berhubung berhalangan saya tidak bisa masuk sampai ke dalam (area banyak kera) karena di dalamnya ada Pura suci.

Akupun hanya bisa berfoto di luar halaman. Di luar pun ada patung besar.

Pukul 16.00 kami pun kembali ke bus. Kita di  datangi 3 ekor beruk. Cukup besar dan sedikit bau(maaf).
Hari sudah sore. Kami cukup lelah. Kita pun pergi ke wilayah Denpasar untuk check in hotel.

Kita stay di Vista Hotel.
VISTA HOTEL
Address: Jl. Gatot Subroto Barat No.12 X, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia

2ND DAY AT BALI
1200 – 1230 : otw lunch
1230 – 1330 : Lunch at Hawaii Souvenir & Restaurant
1330 – 1400 : otw Tanjung Benoa via tol laut
1400 – 1530 : Visting Tanjung Benoa dan tempat penagkaran penyu by kapal kapasitas 10 pax
Naik kapal sekitar 15 menit
1530 – 1600 : otw Pandawa Beach
1600 – 1730 : Enoying Pandawa beach
1730 – 1815 : Back to hotel

Guide Bli Putu memang pintar. Pagi – pagi benar kita sudah suruh prepare fisik, karena tour kita akan fullday. Terus kita pagi – pagi udah shooping. Seneng sih, karena tempat shopping masih sepi. Jadi kita bisa berbelanja dengan leluasa.
Seperti di Joger. Sampai di Krisna kita juga di tempeli stiker di badan kita. Kita di beri waktu 1 jam di sini. Di sini murah – murah dan kuailtas barangnya juga lumayan. Silakan borong – borong
Di sini menjual dari makanan khas Bali hingga baju dan celana.
Setelah itu kita ke Tempat pentas penampilan tari barong. Tempat sudah sangat penuh. Karena tempat ini kecil, saat liburan, dan hanya 1 x tampil tiap harinya. Hingga para penonton yang terlambat datang, duduk di panggung.

BARONG DANCE
Barong merupakan sebuah tarian tradisional Bali yang ditandai dengan Topeng dan kostum badan yang dapat dikenakan oleh satu atau dua orang untuk menarikannya.

Setelah itu kita ke pantai Sanur.
Pantai Sanur/ Matahari Terbit

Pantai Sanur adalah sebuah tempat pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ini letaknya adalah persis di sebelah timur kota Denpasar, ibukota Bali. Sanur berada di Kotamadya Denpasar.
Karena memiliki ombak yang cukup tenang, maka pantai Sanur tidak bisa dipakai untuk surfing layaknya Pantai Kuta
Kita pun lapar, kita mengisi perut di Hawaii Restaurant.
Tempat ini juga penuh sesak. Berwudu di tempat ini air nya asin. Karena sangat dekat dengan laut.
Setelah perut terisi. Kita semnagat lagi.

Kita ke Tanjung Benoa.

Tempat yang terkenal dengan wahana air nya.
Genangan air membekas di sini. Pertanda hujan baru saja menguyur tempat ini. Kita menyewa 2 kapal . Masing – masing kapal berkapasitas 10 pax. Biaya : Rp 500.000/kapal

Ini adalah kegiatan paling berkesan selama di Bali. Kita merasakan ayunan badan kita di kapal. Ombak – ombak berciprat – cipratan mengenai badan kita. Di tengah lautan juga mendung. Rasanya jantung kita berdebar – debar. Heheh
Setelah 15 menit berlayar, kita sampai di tempat penangkaran penyu. Di sini ada beberapa hewan yang di pelihara : Penyu, ular, burungg rajawali, landak, kalong, dll.

Kita tidak begitu lama di tempat ini. Hanya sekiat 30 menit saja. Kita pun kembali menaiki kapal maut itu. Di situlah tragedi hp saya terciprat air laut saat menshoot keseruan perjalanan.
Di tengah laut kita juga kena hujan deras. Semua pakaian sudah basah kuyup.
Walau begitu, akumasih semangat. Karena 1 objek lagi yang masih kita kunjungi.

PANDAWA BEACH
Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sahadewa.
Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa.

Cantik banget pantai ini. Ini objek wisata baru dan lagi naik daun. Pasir putih, dan air laut yang bersih. Kita berbasah- basahan di sini.

Kurang lebih itu pokok – pokok cerita selama liburan ke Bali
Kesimpulan untuk Bali

Bali memang kota pariwisata dunia. Adat dan budaya serta agamanya sangat kuat dan kental. Objek wisata  yang di miliki cukup komplit. Harga serta kualitas yang di miliki berbading lurus. Jika di kasih kesempatan aku ingin ke bali lagi. Untuk mengunjungi GWK, Pantai Kuta, dan krsihna oleh – oleh..hehe